PENGENALAN BLOG MESIN TELEVISI BAGI PEMULA

Jenis alat elektronik ini sudah banyak dijumpai dimasyarakat pada umumnya baik itu jenis tabung dan jenis lebih tipis pada cassingnya yang biasa disebut dengan LCD atau yang baru lagi yaitu LED.Namun televisi tabung lebih banyak digemari oleh masyarakat kita mungkin karena harganya terjangkau.Akan tetapi yang namanya elektronik memiliki unsur ketahanan didalam komponenya.
Nah bagaimana jika televisi dirumah rusak kalau dibawa ke bengkel mungkin lumayan mahal biaya servicenya,karena ilmu itu memang mahal sobat.Bisa saja murah jika kita ingin mempelajarinya.







Berikut ini saya ingin berbagi tentang pengenalan beberapa BLOK pada mesin TV tabung berikut uraian dan  kerusakan yang ditimbulkan :

* BLOK Power suply / Regulator
Blok power suply berfungsi sebagai  pemberi tegangan keseluruh Blok yang ada,setiap mesin tv tabung memiliki perbedaan pada suply ke masing-masing blok.Jika blok regulator ini bermasalah biasanya tv tidak bisa hidup,terjadi konsleting,gambar yang dihasilkan bergoyang,tv stanby dll.

* Blok horizontal
Fungsi blok ini sebagai pembuka kiri dan kanan layar dan juga sebagai pengaktif flyback yang menghasilkan tegangan tinggi untuk dipancarkan pada tabung.Jika blok horizontal bermasalah biasanya tv stanby,gambar menyempit dari samping kiri dan kanan,layar tidak tampil walaupun tv sudah star.

* Blok vertical
Blok vertical berfungsi sebagai pembuka layar dari atas dan dari bawah,biasanya pada setiap blok vertical terdapat elco sebagai filter tegangan.kerusakan yang biasa  terjadi gambar menyempit dari atas dan bawah,gambar menggulung dll.

* Blok RGB ( Red,Green,Blue )
Blok ini berfungsi sebagai pengolah warna dan dikirimkan ke tabung CRT.Jika blok RGB ini rusak maka warna yang akan dihasilkan tidak beraturan dll.


Ini hanya secara garis besarnya saja ya sobat, karena masih ada beberapa blok lagi,mungkin dilain kesempatan akan kita lanjutkan lagi...
Semoga dengan adanya tulisan ini dapat membantu sobat sekalian dan mungkin bisa jadi referensi bagi yang ingin belajar.
Selalu berhati-hati saat ingin mempraktekanya karena kita bermain dengan arus listrik.
Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment