Skip to main content

PENGENALAN DAN PEMAKAIAN KOMPONEN LISTRIK

Dalam kegiatan praktek instalasi listrik seseorang tidak hanya mengenal berbagai jenis kabel dan sambungan-sambunganya saja,tetapi juga harus mengetahui berbagai macam komponen-komponen yang diperlukan.

Yang dimaksud komponen peralatan listrik ialah alat-alat yang diperlukan untuk melengkapi pemasangan instalasi listrik,dan pada umumnya terdiri dari barang-barang cetakan,seperti :

- Stop kontak
- Kontak tusuk
- Sakelar listrik
- Pitting
- Sakering
- Lampu
- dll

Kita masuk ke pembahasan pertama yaitu :

- Stop kontak


Banyak terdapat macam dan bentuk stop kontak,di dalamnya terdapat terminal untuk menempatkan kabel bertegangan.Dengan demikian stop kontak merupakan kotak tempat sumber arus listrik yang siap pakai.Komponen ini dapat dipasang dimana saja sesuai dengan kebutuhan selama tidak membahayakan orang lain.
Fungsi pemasangan stop kontak ialah untuk memudahkan pemakai listrik menghubungkan alat-alat elektris seperti : Setrika listrik ,tv ,radio dll pada jaringan listrik secara praktis dan aman.
Jangan pernah menghubungkan alat-alat elektris langsung pada kabel jaringan listrik tanpa melalui stop kontak karena resiko bahaya kejutan listrik lebih besar.

- Kontak tusuk


Alat ini merupakan pasangan dari stop kontak.Dengan menggunakan kontak tusuklah alat-alat elektris dihubungkan pada jaringan listrik melalui stop kontak.Pada umumnya kontak tusuk dibuat dengan dua cabang.cabang yang satu untuk kawat fasa sedangkan cabang yang lainya untuk kawat nol ( netral ).
Apabila dijumpai kontak tusuk yang bercabang tiga,maka cabang yang ketiganya itu merupakan cabang untuk Ground ( hubungan ke tanah ).Adapun maksud dilengkapinya hubungan tanah pada jaringan listrik untuk mengurangi bahaya kejutan listrik.



- Sakelar listrik


Peranan saklar dalam pemasangan instalasi listrik sangat penting sekali karena sakelar berfungsi untuk menghubung dan memutus arus listrik.Dengan demikian maka saklar harus ditempatkan pada tempat yang strategis dan mudah dicapai orang.Misalnya pada pintu masuk / keluar ruangan.
Cara pemasanganya sama dengan pemasangan stop kontak,perbedaanya terletak pada pengawatanya,hal ini karena fungsi dan penggunaanya berbeda.

- Lampu listrik


Lampu pijar adalah merupakan lampu yang menghasilkan cahaya dengan memanaskan serabut pijar ( filamen ) sampai suhu ( temperatur ) panas-putih serabut pijar ialah kawat logam halus yang mempunyai hambatan terhadap arus yang lewat.Didalam serabut pijar (filamen ) inilah tenaga listrik diubah menjadi panas dan cahaya.
Serabut pijar merupakan suatu logam dengan titik leleh yang sangat tinggi,oleh karena itulah maka harus dutempatkan didalam bola tertutup yang hampa udara.

Comments

Popular posts from this blog

SPEAKER AKTIF POLYTRON SUARA MENCUIT

Speaker aktif polytron kali ini masuk ke meja kerja saya dengan kerusakan suara mencuit atau mengeluarkan suara bising. Nah untuk memastikanya saya mencoba menghidupkanya terlebih dahulu sebelum melangkah ke tahap perbaikanya.Setelah dihidupkan ternyata benar speaker mengeluarkan suara seperti dikatakan yang punya.Setelah kita mengetahui pasti kerusakanya. Selanjutnya kita lakukan langkah perbaikanya, Lakukan buka cassing speaker aktif dari belakang speaker supaya mudah mengeluarkan rangkaianya. Dilihat secara kasat mata rangkaian ampli speaker aktif tidak ada masalah,tidak komponen yang terbaka. Namun kenapa mengeluarkan suara cuit. Filing saya sih ini mungkin kerusakanya hanya transistornya saja ternyata salah,cek semua transistor dalam keadan baik. Cek tegangan yang di elco besar tidak ada sama sekali yang ukuranya 400v/220mf,saya coba cabut elco tersebut ternyata fisik kakinya yang negatifnya patah karena gosong,lalu saya ganti dengan elco yang baru tentunya dengan

PENYEBAB AMPLIFIER TOA ZA-1121 SUARA HILANG

Amplifier TOA ZA-1121 merupakan sebuah penguat suara yang biasa kita temukan pada masjid,musholla dan swalayan-swalayan yang biasanya untuk microphone dll. Kali ini hobikuelektronik ingin berbagi pengalaman tentang amplifier TOA ZA-1121 tiba-tiba saja suaranya hilang sedangkan indikator lampu suaranya menyala. Saatnya lakukan pembongkaran supaya kita dapat lebih mudah dalam melakukan perbaikanya,yang tentunya lakukan dengan hati-hati karena jenis ampli ini ia tidak memiliki socket untuk pemasangan kabelnya,kabel langsung menempel pada pcb rangkaian,supaya pekerjaan kita nggak nambah lagi untuk mencari posisi kabelnya kalau lepas. Sekilas dilihat oleh mata keadaan pada papan pcb tersebut aman-aman saja tanpa ada suatu keganjilan,IC nya pun juga kelihatan bagus.Cek fuse atau sakering 15A dalam keadaan putus.Saya ganti dengan fuse yang baru yang tentunya dengan yang sama yaitu 15A. Setelah fuse atau sakeringnya diganti saya pun test menghidupkanya.Dan akhirnya sakering

service blender bau gosong

Berbagi itu banyak pahalanya... Kesempatan kali ini saya akan memberikan ilmu tentang bagaimana cara memperbaiki blender yang berbau gosong alias seperti ada yang kebakar didalamnya. Mungkin kita pernah mengalaminya tapi karena tidak memiliki ilmunya jadi kita bawa ke tukang service elektronik saja bagi yang punya uang,yang ngak punya uang lebih gimana? Disini saya berbagi pengalaman tentang blender tersebut... Lihat gambar blender dibawah ini. Nah untuk langkah selanjutnya kita lakukan pembongkaran.Cara membuka cassing atau rumahnya setiap blender itu berbeda-beda.Yang terpenting perhatikan posisi setiap bautnya. Setelah kita lakukan pembongkaran cek dengan teliti apa sebab blender tersebut berbau hangus,disini saya menemukan switch on off yang memiliki capasitas atau nilai yang bentuk fisiknya sudah terbakar.jadi saya langsung pergi membelinya dengan membawa contoh barang rusaknya otomatis di toko elektronik yang jual sparepart harganya juga tidak terlalu mahal. sa