Skip to main content

TANDA KERUSAKAN PSU KOMPUTER

Ada sedikit cerita tentang psu komputer ini.Dan mungkin bisa menjadi pedoman rekan sekalian pada saat perbaikan komputer.

Manfaatkan psu komputer menjadi sebuah adaptor

pada saat itu saya dipanggil oleh bos perusahaan tempat saya bekerja untuk memperbaiki komputernya,karena itu memang tugas saya sebagai teknisi perusahaan tersebut.Saya pun datang ke ruangan bos memenuhi panggilanya untuk melihat komputernya yang akan diperbaiki.

Lalu saya tanyakan kerusakanya,komputernya tiba-tiba mati sendiri jawabnya.Baik pak saya cek dulu komputernya jawab saya.
Ia pun meninggalkan ruanganya karena ada urusan diluar.Jadi saya bekerja sendiri dan bisa lebih santai tapi pasti pada ruangan ber AC tersebut saat mengerjakan komputernya.

Begini penjelasan cara kerja sebuah komputer bisa menyala.
Karena hidupnya sebuah komputer menggunakan arus dari psu,yang kita cek bagian ini saja tidak yang lain.



Tahap pengerjaan :

- Cek listrik pln apakah masuk ke psu komputer dengan menggunakan tespen.setelah saya cek ada

- Cek kipas psu tersebut,biasanya rusak kipas bisa juga menyebabkan psu tidak mau hidup.Dengan cara memutarnya manual,kalau terasa berat coba ganti kipasnya.Biasanya bisa langsung ok.Akan tetapi psu yang saya pegang ini kelihatanya tidak ada masalah pada kipas.

- Buka cassing cpu,lepaskan psu dari cassing komputer dan cabut semua kabel yang tertancap pada mainboard komputer.Setelah psu terlepas coba kamu sambung antara slot kabel hijau dan kabel hitam dari psu komputer.Seharusnya psu harus hidup karena kabel hijau adalah on psu tersebut.Apabila tidak hidup juga buka cassing psu.

- Coba lihat isi dalam komponen psu,apakah ada yang gosong atau capasitor yang gelembung.Biasanya kerusakan psu komputer adalah capasitor yang sudah gelembung dan pastinya sudah tidak bagus lagi.

Di psu komputer ini saya menemukan capasitor yang besar ukuran 330 mikro farrad 220v dan capasitor keramik didekatnya yang hangus.


Langsung saya ganti dengan ukuran yang sama,setelah itu tes hidupkan psu dengan menjumper kabel hijau dan kabel hitam.
kipas psu pun berputar menandakan psu telah bekerja.

Pasang lagi psu ke dalam cassing cpu dan tes hidupkan.monitor komputerpun menyala lagi.

* Ingat cek sekali lagi sebelum melakukan pengetesan,karena kita berhubungan dengan arus listrik.

Sekian dulu cerita pengalaman saya,semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Yang masih bingung boleh tinggalin komentar karena kita sama-sama belajar.
Semoga bermanfaat...

Comments

Popular posts from this blog

SPEAKER AKTIF POLYTRON SUARA MENCUIT

Speaker aktif polytron kali ini masuk ke meja kerja saya dengan kerusakan suara mencuit atau mengeluarkan suara bising. Nah untuk memastikanya saya mencoba menghidupkanya terlebih dahulu sebelum melangkah ke tahap perbaikanya.Setelah dihidupkan ternyata benar speaker mengeluarkan suara seperti dikatakan yang punya.Setelah kita mengetahui pasti kerusakanya. Selanjutnya kita lakukan langkah perbaikanya, Lakukan buka cassing speaker aktif dari belakang speaker supaya mudah mengeluarkan rangkaianya. Dilihat secara kasat mata rangkaian ampli speaker aktif tidak ada masalah,tidak komponen yang terbaka. Namun kenapa mengeluarkan suara cuit. Filing saya sih ini mungkin kerusakanya hanya transistornya saja ternyata salah,cek semua transistor dalam keadan baik. Cek tegangan yang di elco besar tidak ada sama sekali yang ukuranya 400v/220mf,saya coba cabut elco tersebut ternyata fisik kakinya yang negatifnya patah karena gosong,lalu saya ganti dengan elco yang baru tentunya dengan

PENYEBAB AMPLIFIER TOA ZA-1121 SUARA HILANG

Amplifier TOA ZA-1121 merupakan sebuah penguat suara yang biasa kita temukan pada masjid,musholla dan swalayan-swalayan yang biasanya untuk microphone dll. Kali ini hobikuelektronik ingin berbagi pengalaman tentang amplifier TOA ZA-1121 tiba-tiba saja suaranya hilang sedangkan indikator lampu suaranya menyala. Saatnya lakukan pembongkaran supaya kita dapat lebih mudah dalam melakukan perbaikanya,yang tentunya lakukan dengan hati-hati karena jenis ampli ini ia tidak memiliki socket untuk pemasangan kabelnya,kabel langsung menempel pada pcb rangkaian,supaya pekerjaan kita nggak nambah lagi untuk mencari posisi kabelnya kalau lepas. Sekilas dilihat oleh mata keadaan pada papan pcb tersebut aman-aman saja tanpa ada suatu keganjilan,IC nya pun juga kelihatan bagus.Cek fuse atau sakering 15A dalam keadaan putus.Saya ganti dengan fuse yang baru yang tentunya dengan yang sama yaitu 15A. Setelah fuse atau sakeringnya diganti saya pun test menghidupkanya.Dan akhirnya sakering

service blender bau gosong

Berbagi itu banyak pahalanya... Kesempatan kali ini saya akan memberikan ilmu tentang bagaimana cara memperbaiki blender yang berbau gosong alias seperti ada yang kebakar didalamnya. Mungkin kita pernah mengalaminya tapi karena tidak memiliki ilmunya jadi kita bawa ke tukang service elektronik saja bagi yang punya uang,yang ngak punya uang lebih gimana? Disini saya berbagi pengalaman tentang blender tersebut... Lihat gambar blender dibawah ini. Nah untuk langkah selanjutnya kita lakukan pembongkaran.Cara membuka cassing atau rumahnya setiap blender itu berbeda-beda.Yang terpenting perhatikan posisi setiap bautnya. Setelah kita lakukan pembongkaran cek dengan teliti apa sebab blender tersebut berbau hangus,disini saya menemukan switch on off yang memiliki capasitas atau nilai yang bentuk fisiknya sudah terbakar.jadi saya langsung pergi membelinya dengan membawa contoh barang rusaknya otomatis di toko elektronik yang jual sparepart harganya juga tidak terlalu mahal. sa