KOMPONEN CAPASITOR DAN CARA MENGUKURNYA


Kesempatan kali ini hobikuelektronik ingin berbagi tentang komponen elektronik yaitu capasitor.Untuk fungsinya akan dibahas dilain kesempatan ya sobat.

Untuk komponen capasitor memiliki beberapa jenis,baik itu dari bentuknya,bahan dibuatnya sampai kepada fungsinya.Tentunya sesuai dengan kebutuhan rangkaian elektronika.
Capasitor itu bisa menyimpan arus listrik didalamnya,jadi apabila ingin melakukan pengukuran capasitor harus hati-hati ya,contohnya saja capasitor di power tv tabung.
Langkah ini dilakukan jika tv tersebut baru beroperasi atau kita hidupkan.Jadi sebelum diukur buang dulu arus yang tersimpan pada capasitor tersebuy dengan cara shortkan kedua kaki capasitor pada sebuah alat elektronik lainya.Lihat gambar disini saya menggunakan solder sebagai pembuang arus dari capasitor.


Pada kaki capasitor juga memiliki perbedaan khususnya capasitor polar.Satu kaki untuk yang negatif dan satu kaki lagi untuk yang positif.Sama juga dengan komponen DIODA DAN CARA MENGUKURNYA

Langsung ke cara mengukurnya:
- probe merah multi +
- probe hitam multi  -

Tempelkan probe merah ke sembarang kaki capasitor dan probe hitam ke kaki yang satunya,jarum multi bergerak kekanan dan kembali ke nol ( capasitor bagus ).

Tapi apabila jarum bergerak kekanan dan tidak kembali ke nol atau tidak bergerak kekanan sama sekali ( capasitor rusak ).

Semoga bermanfaat.
Terima kasih...

No comments:

Post a Comment