Skip to main content

service blender bau gosong

Berbagi itu banyak pahalanya...

Kesempatan kali ini saya akan memberikan ilmu tentang bagaimana cara memperbaiki blender yang berbau gosong alias seperti ada yang kebakar didalamnya.

Mungkin kita pernah mengalaminya tapi karena tidak memiliki ilmunya jadi kita bawa ke tukang service elektronik saja bagi yang punya uang,yang ngak punya uang lebih gimana?

Disini saya berbagi pengalaman tentang blender tersebut...

Lihat gambar blender dibawah ini.


Nah untuk langkah selanjutnya kita lakukan pembongkaran.Cara membuka cassing atau rumahnya setiap blender itu berbeda-beda.Yang terpenting perhatikan posisi setiap bautnya.


Setelah kita lakukan pembongkaran cek dengan teliti apa sebab blender tersebut berbau hangus,disini saya menemukan switch on off yang memiliki capasitas atau nilai yang bentuk fisiknya sudah terbakar.jadi saya langsung pergi membelinya dengan membawa contoh barang rusaknya otomatis di toko elektronik yang jual sparepart harganya juga tidak terlalu mahal. saya langsung ganti dengan nilai dan bentuk yang sama.

Setelah saya ganti switchnya langsung lakukan pengetesan.setelah di tes saya tidak mencium bau gosong lagi,berarti perbaikan kita selesai.
Kesimpulanya setiap kita ingin melakukan perbaikan alat elektronik ketelitian itu sangat penting,buktinya dengan cara lihat fisiknya kita sudah bisa melakukan perbaikan.

Hati-hati juga karena kita menggunakan aliran listrik.
Sekian dulu postingan kali Ini kalau ada pengalaman lain aku share lagi deh.
Terima kasih atas kunjunganya.
Wassalam.

Comments

  1. tapi jika bukan on of. nya. bagaimana dan cara bongkarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bongkar dulu blendernya gan,setelah itu lihat fisik dalamnya,kalau cara bongkarnya lihat posisi baut blender tersebut.saya ngak jelasin secara detail cara bongkar krn beda merk beda cara bongkarnya.

      Delete
  2. Jika belender bau gosong&keluar asay apa ya gan penyebabnya.emang sih waktu tu aku buat blender daging&mulai tu lah awal mulanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek dlu blender nya gan,kalau agan mau belajar bongkar perlahan blender tersebut lihat secara teliti penyebab bau gosongnya.
      Bau gosong ada beberapa sebab termasuk tulisan aku diatas.
      Bisa juga karena basah didalam blender dll..
      Intinya coba buka aja ya gan...
      Semoga bermanfaat...

      Delete
  3. seumur2 blender bau gosong itu dari spull lilitan nya sudah konslet

    ReplyDelete
  4. Apa bisa kumparanya gan yang bikin bau gosong itu,,,?

    ReplyDelete
  5. Kalo motor panas padahal baru hidup sebentar...terus bunga api besar yg dr arang² kira² apanya y

    ReplyDelete
  6. Iya nih bau gosong trs ga mau muter lagi..abs buat blend daging..mna masi blm halus

    ReplyDelete
  7. Sy mau tanya gang, bgaimana blender yang pertamanya mengeluarkan bau gosong kemudian di cek kayak spulnya kena air trus kalau di sambung aliran listrik, listrik di rumah langsung mati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu berarti ada hubung singkat,spulnya dah konslet.

      Delete
    2. Itu berarti ada hubung singkat,spulnya dah konslet.

      Delete
    3. Itu berarti ada hubung singkat,spulnya dah konslet.

      Delete
  8. Gan sy baru bli blndr tp pas sy menjlnknnya tiba" kok ky bau menyengat gtu ya nth dari listrik atau mesin

    ReplyDelete
  9. Blender baru biasaya mmng bau gosong dlu,bentar nnti juga hilang

    ReplyDelete
  10. Kalo blnder keluar asap karna basah apakah masih bisa di gunakan??

    ReplyDelete
  11. Kalo blender ku bagian yg hitam itu, aq gk tau namanya apa. Kaya ke iris iris gitu kalo dinyalain. Sebelumnya abis dipake terlalu lama dan pisau susah berputar karna yg diblender terlalu kental. Itu knp ya?

    ReplyDelete
  12. gan kalau kabel saklar di copot lngsung di sambung bisa g,tanpa saklar,soal nya kebakar saklar nya

    ReplyDelete
  13. gan blender saya panas dan bau gosong sedikit langsung mati. setelah saya tunggu dingin saya coba hidupin lagi mau, itu ada yg rusak kah ?

    ReplyDelete
  14. gan aku baru beli blender pas di coba kaya bau gosong gitu,tp mesin y mh jln gmn tuh,,,,

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

SPEAKER AKTIF POLYTRON SUARA MENCUIT

Speaker aktif polytron kali ini masuk ke meja kerja saya dengan kerusakan suara mencuit atau mengeluarkan suara bising. Nah untuk memastikanya saya mencoba menghidupkanya terlebih dahulu sebelum melangkah ke tahap perbaikanya.Setelah dihidupkan ternyata benar speaker mengeluarkan suara seperti dikatakan yang punya.Setelah kita mengetahui pasti kerusakanya. Selanjutnya kita lakukan langkah perbaikanya, Lakukan buka cassing speaker aktif dari belakang speaker supaya mudah mengeluarkan rangkaianya. Dilihat secara kasat mata rangkaian ampli speaker aktif tidak ada masalah,tidak komponen yang terbaka. Namun kenapa mengeluarkan suara cuit. Filing saya sih ini mungkin kerusakanya hanya transistornya saja ternyata salah,cek semua transistor dalam keadan baik. Cek tegangan yang di elco besar tidak ada sama sekali yang ukuranya 400v/220mf,saya coba cabut elco tersebut ternyata fisik kakinya yang negatifnya patah karena gosong,lalu saya ganti dengan elco yang baru tentunya dengan

PENYEBAB AMPLIFIER TOA ZA-1121 SUARA HILANG

Amplifier TOA ZA-1121 merupakan sebuah penguat suara yang biasa kita temukan pada masjid,musholla dan swalayan-swalayan yang biasanya untuk microphone dll. Kali ini hobikuelektronik ingin berbagi pengalaman tentang amplifier TOA ZA-1121 tiba-tiba saja suaranya hilang sedangkan indikator lampu suaranya menyala. Saatnya lakukan pembongkaran supaya kita dapat lebih mudah dalam melakukan perbaikanya,yang tentunya lakukan dengan hati-hati karena jenis ampli ini ia tidak memiliki socket untuk pemasangan kabelnya,kabel langsung menempel pada pcb rangkaian,supaya pekerjaan kita nggak nambah lagi untuk mencari posisi kabelnya kalau lepas. Sekilas dilihat oleh mata keadaan pada papan pcb tersebut aman-aman saja tanpa ada suatu keganjilan,IC nya pun juga kelihatan bagus.Cek fuse atau sakering 15A dalam keadaan putus.Saya ganti dengan fuse yang baru yang tentunya dengan yang sama yaitu 15A. Setelah fuse atau sakeringnya diganti saya pun test menghidupkanya.Dan akhirnya sakering