mesin cuci putaran pengering berat

Selamat datang lagi sobat sekalian...dan semoga kita dalam keadaan sehat..aminn...
Pada kesempatan kali ini hobikuelektronik akan berbagi lagi tentang mesin cuci yang putaran pengeringnya berat,sebenarnya banyak penyebab mesin cuci pengering tiba-tiba berat.Nah kenapa saya mengambil topik ini karena kemarin dapat job ini,ya lumayanlah ketimbang duduk diam dirumah.

Nih gambar mesin cucinya yang akan diperbaiki pengeringanya.
Untuk semua mesin cuci system pengerjaan sama saja yang membedakanya hanyalah pada tombol indikator,ada mesin cuci menggunakan system analog dan ada juga yang digital.


Seperti biasa ya sobat setiap sebelum melakukan perbaikan alat elektronik kita harus tes menghidupkanya dahulu tujuanya untuk memastikan kerusakanya,dan keuntungan lainya kita bisa lebih cepat dalam pengerjaanya karena sudah mengetahui bagian mana yang harus dikerjakan.

Nah selanjutnya baru ke tahap perbaikanya.Buka semua baut mesin cuci di belakang mesin terlebih dahulu supaya dinamo pengeringya dapat terlihat.Lalu tes hidupkan mesin cucinya dan perhatikan putaran dinamo pengeringnya.
Kalau dinamo berputar secara normal berarti kita simpulkankan penyebab kerusakanya bukan diakibatkan oleh dinamo makan dari itu selanjutnya ketahap yang kedua yaitu membuka tabung pengeringnya.


Lihat gambar tampak belakang mesin cuci setelah tabung pengering dibuka.Untuk membuka tabung pengering perhatikan baut pada pengeringnya saja lalu buka secara perlahan.


Setelah tabung pengeringnya dibuka disini terlihat AS dari tabung pengering aus mungkin sudah mesin tersebut selalu bekerja jadinya minyak pada as tersebut kering.Lumasi as pengering dengan gemuk dan pastikan ia tanpa hambatan dalam berputar.setelah di lumasi posisikan tabung seperti semula coba putar secara manual dengan tangan,biasanya dengan dilumasi sudah ringan dan tanpa hambatan.Sekarang saatnya untuk mengetes dengan hidupkan menggunakan arus listrik.
Dan hasilnya mesin pun berputar tanpa hambatan.

Jadi kesimpulan yang bisa kita tarik adalah Tidak semua kerusakan perputaran diakibatkan oleh dinamonya,contohnya saja pada kasus diatas solusinya cuma melumasi as pengeringnya saja.

Sekian dulu postingan kali ini semoga dapat menambah pengetahuan sobat sekalian.
Terima kasih.

jenis kerusakan alat elektronik lainya cek disini aja ya :

service segala mesin elektronik rumahan

No comments:

Post a Comment