Skip to main content

hidupkan dvd mcb langsung balik

Kembali lagi sobat sekalian semoga kita dalam keadaan sehat.amin..

Tujuan saya menulis artikel ini untuk menambah pengetahuan sobat tentang dunia service elektronik.Karena dengan sedikit tahu lebih baik daripada tidak mengetahui sama sekali.

Pada pembahasan kali ini hobikuelektronik akan lebih memfokuskan berbagi pengalamanya tentang dvd kita on kan MCB listrik di rumah kita langsung balik.Nah seperti itulah jenis kerusakan yang dikeluhkan oleh tetangga sebelah rumah,karena ia tidak mengerti dunia elektronik jadi ia mempercayakanya kepada saya untuk memperbaiki DVD nya dan tentunya karena ia percaya kalau saya punya sedikit ilmu tentang dunia service alat elektronik.

Langsung saja ke pokok permasalahanya ya sobat..
Biasakan sebelum membongkar alat elektronik yang ingin kita perbaiki lakukan tes hidupkan dahulu pada alat tersebut tujuanya hanya untuk memastikan kerusakanya.
Nah untuk jenis kerusakan seperti kasus MCB balik saya rasa ngak perlu takutnya MCB kita juga balik nantinya.

Langsung saja buka semua baut pada cassing DVD tersebut sehingga kelihatan semua rangkaian didalamnya.lihat seperti gambar...


Hobikuelektronik.blogspot.com juga pernah berbagi tentang  jenis kerusakan dvd baca dahulu fungsi dari setiap rangkaianya.
Karena ada faktor dari pengapian atau arus berarti diakibatkan oleh sebuah rangkaian power suply yang bekerja tidak normal seperti biasanya,jadi kita bisa memperkecil pencarian kerusakanya.
Cek bagian power suplynya saja untuk rangkaian lainya abaikan atau jangan diganggu.



Lakukan pengecekkan komponen dengan menggunakan alat ukur.Cara pengukuranya lihat Disini.
Terjadinya korslet itu biasanya diakibatkan oleh dioda yang sudah bocor.Bayangkan saja jika kita membawanya ke bengkel elektronik berapa biayanya?
Ilmu itu mahal sobat tapi jika kita mengetahuinya alangkah bangganya kita.


Setelah melakukan pengecekan komponen dengan menggunakan multi ternyata benar,ada dua buah dioda yang short atau sudah bocor.lakukan pergantian komponen yang sesuai dengan yang rusak tadi.Atau bisa juga kita beli ke toko yang jual sparepart elektronik pasti ada kok.

Setelah dua dioda yang rusak tadi kita ganti dengan yang baru Selanjutnya tes hidupkan hidupkan DVD tersebut.Fuse atau sekringnya juga di ganti karena pada saat terjadinya korslet otomatis fusenya terputus karena itulah fungsi dari sebuah fuse atau sakering tersebut sebagai pengaman jika ada arus yang melewatinya terlalu besar.

Setelah semua telah terpasang saatnya kita lakukan pengetesan.Dan akhirnya DVD hidup secara normal dan tidak lagi membanting MCB listrik lagi.
kerjaan kita selesai.Sekarang saatnya pasang lagi cassing DVD yang tadi dibuka beserta bautnya.Lakukan tes lagi setelah DVD sudah rapi terpasang dan panggil orang yang punya DVD supaya dia juga melihat DVDnya.Kalau sudah seperti itu pasti dapat uang terima kasih dari dia benar ngak sobat?

Sekian dulu ya sobat tentang pembahasan DVDnya,semoga tulisan ini bermanfaat...
Wassalam...

Comments

Popular posts from this blog

SPEAKER AKTIF POLYTRON SUARA MENCUIT

Speaker aktif polytron kali ini masuk ke meja kerja saya dengan kerusakan suara mencuit atau mengeluarkan suara bising. Nah untuk memastikanya saya mencoba menghidupkanya terlebih dahulu sebelum melangkah ke tahap perbaikanya.Setelah dihidupkan ternyata benar speaker mengeluarkan suara seperti dikatakan yang punya.Setelah kita mengetahui pasti kerusakanya. Selanjutnya kita lakukan langkah perbaikanya, Lakukan buka cassing speaker aktif dari belakang speaker supaya mudah mengeluarkan rangkaianya. Dilihat secara kasat mata rangkaian ampli speaker aktif tidak ada masalah,tidak komponen yang terbaka. Namun kenapa mengeluarkan suara cuit. Filing saya sih ini mungkin kerusakanya hanya transistornya saja ternyata salah,cek semua transistor dalam keadan baik. Cek tegangan yang di elco besar tidak ada sama sekali yang ukuranya 400v/220mf,saya coba cabut elco tersebut ternyata fisik kakinya yang negatifnya patah karena gosong,lalu saya ganti dengan elco yang baru tentunya dengan

PENYEBAB AMPLIFIER TOA ZA-1121 SUARA HILANG

Amplifier TOA ZA-1121 merupakan sebuah penguat suara yang biasa kita temukan pada masjid,musholla dan swalayan-swalayan yang biasanya untuk microphone dll. Kali ini hobikuelektronik ingin berbagi pengalaman tentang amplifier TOA ZA-1121 tiba-tiba saja suaranya hilang sedangkan indikator lampu suaranya menyala. Saatnya lakukan pembongkaran supaya kita dapat lebih mudah dalam melakukan perbaikanya,yang tentunya lakukan dengan hati-hati karena jenis ampli ini ia tidak memiliki socket untuk pemasangan kabelnya,kabel langsung menempel pada pcb rangkaian,supaya pekerjaan kita nggak nambah lagi untuk mencari posisi kabelnya kalau lepas. Sekilas dilihat oleh mata keadaan pada papan pcb tersebut aman-aman saja tanpa ada suatu keganjilan,IC nya pun juga kelihatan bagus.Cek fuse atau sakering 15A dalam keadaan putus.Saya ganti dengan fuse yang baru yang tentunya dengan yang sama yaitu 15A. Setelah fuse atau sakeringnya diganti saya pun test menghidupkanya.Dan akhirnya sakering

service blender bau gosong

Berbagi itu banyak pahalanya... Kesempatan kali ini saya akan memberikan ilmu tentang bagaimana cara memperbaiki blender yang berbau gosong alias seperti ada yang kebakar didalamnya. Mungkin kita pernah mengalaminya tapi karena tidak memiliki ilmunya jadi kita bawa ke tukang service elektronik saja bagi yang punya uang,yang ngak punya uang lebih gimana? Disini saya berbagi pengalaman tentang blender tersebut... Lihat gambar blender dibawah ini. Nah untuk langkah selanjutnya kita lakukan pembongkaran.Cara membuka cassing atau rumahnya setiap blender itu berbeda-beda.Yang terpenting perhatikan posisi setiap bautnya. Setelah kita lakukan pembongkaran cek dengan teliti apa sebab blender tersebut berbau hangus,disini saya menemukan switch on off yang memiliki capasitas atau nilai yang bentuk fisiknya sudah terbakar.jadi saya langsung pergi membelinya dengan membawa contoh barang rusaknya otomatis di toko elektronik yang jual sparepart harganya juga tidak terlalu mahal. sa